Sunday, May 5, 2013

MANUSIA DAN KEINDAHAN

       2. MANUSIA DAN KEINDAHAN

2.1 Keindahan
-        Keindahan yaitu suatu objek yang jika dilihat oleh mata itu memiliki suatu yang dapat membuat senang, kagum, bermakna dan juga memiliki kepuasan jika melihat objek tersebut
-        Perbedaan antara keindahan abstrak dengan keindahan suatu benda tertentu yaitu keindahan memanag susah untuk dijeaskan pengertiannya sehingga dapat dianggap bahwa keindahan itu abstrak. Lain halnya dengan keindahan pada benda-benda tertentu karna jika seseorang sudah bicara kalau benda yang dilihatnya indah itu berarti orang tersebut sudah terkoneksi dengan benda tersebut sehingga dia bisa berbicara kalau benda yang dilihatnya itu indah.
-        Keindahaan yang seluas-luasnya terdiri dari Keindahan alam, Keindahan seni, Keindahan moral, Keindahan intelektual
-        Nilai estetik timbul dari sebarapa indah sebuah benda/objek yang kita lihat. Estetik merupan merupakan salah satu cabang filsafat dari estetika. Estetika yaitu sesuatu yang kita lihat memiliki keindahan. Jadi estetik merupakan suatu tolak ukur seberapa indah objek yang kita lihat dengan bojek yang pernah dilihat sebelumnya.
-        Perbedaan nilai ekstrinsik dan nilai instrinsik yaitu Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (instrumental/ Contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Seperti pada banguna yang memiliki taman atap (roof garden) memiliki nilai estetika selain fungsinya yang dapat menyejukan ruangan dibawahnya. Nilai Intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contoh, rumah yang menggunakan panel solar yang mampu menghasilkan energy dari panas sinar matahari.
-        Pengertian kontemplasi dan ekstansi yaitu Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.
2.2 Renungan
-        Teori-teori dalam renungan :
·         Teori Pengungkapan
·         Teori Metafisik
·         Teori Psikologis

2.3 Keserasian
-        Teori – teori keserasian
-        teori objectif dan subjectif
-        Teori Perimbangan

No comments:

Post a Comment