Tuesday, January 7, 2014

SELOKAN YANG TERCEMAR



SELOKAN YANG TERCEMAR

Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan. Selokan umumnya terdapat di pinggir jalan, didesain untuk mengalirkan kelebihan air hujan dan air permukaan dari jalan raya, tempat parkir, sisi jalan, dan atap.
Besarnya selokan dihitung atas dasar curah hujan tertinggi, aliran air buangan ataupun air tanah (khususnya didaerah pegunungan), ataupun dari waduk untuk mengalirkan air keperluan irigasi. kalau kekecilan dapat mengakibatkan air dari selokan meluap keluar dari selokan bahkan dapat mengakibatkan banjir.
Selokan pinggir jaan berfungsi untuk mengalirkan air dari permukaan jalan pada saat hari hujan serta agar air tidak menggenangi jalan. Air yang menggenangi jalan atau bahu jalan akan mempercepat kerusakan jalan. Oleh karena itu drainase permukaan jalan merupakan hal yang harus diperhatikan dan dirawat secara reguler.
Sistem drainase permukaan terdiri dari:
  1. Kemiringan atau superelevasi jalan
  2. Selokan samping
  3. Gorong-gorong
  4. Saluran penangkap
            Namun pada kenyataan yang terjadi seperti yang terjadi ada foto dibawah ini. 

            Bayaknya orang yang membuang sampah sembarangan menyebabkan selokan ini tercemar ditambah lagi sisa air kotor/ limbah yang di buang langsung ke selokan tanpa disaring terlebih dahulu menambah tercemarnya selokan ini. Jika selokan mulai tercemar disitu akan mulai terbentuknya suatu micro organisme dan bau yang kurang sedap. Terlebih lagi disekitar selokan terdapa restoran dan rumah makan seperti McD (Mc Donald) dan warteg yang bersebelahan langsung dengan selokan tersebut, yang dikawatirkan dapat menimbulkan penyakit  terhadap lingkungan sekitar.
             Kurang sadarnya masyarakat dalam membuang sampah maupun limbah ke selokan memang menjadi factor  utama yang memang harus dipikirkan.  Jika setiap individu mampu menanamkan sikap membuang sampah pada tempatnya pasti selokan yang ada sekarang menjadi lebih bersih.  Jika hanya mengandalkan pemerintah dalam program pembersihan lingkungan tetapi masyarakatnya tidak mendukung itu akan menjadi pembersihan sementara, maksudnya tidak lama lagi  akan kotor kembali. Selokan juga menjadi keseimbangan dalam kebersihan lingkungan , jika selokan tersebut kotor dan bayak sampah bisa menyebabkan banjir  yang sudah pasti berdampak brurk pada lingkungan sekitarnya.
            System drainase yang baik juga perlu diperhatikan, pemerintah dalam membangun system drainase juga harus  didampingi dengan pihak yang memang benar – benar  mengerti di bidangnya. Dimaksud agar hasil yang dikerjakan sudah sesuai dengan kerperluan yang dibutuhkan pada system drainase nya.
            Selokan yang kotor akan banyak dijadikan tempat berkembang biak  bagi hewan – hewan yang  memang suka hidup pada lingkungan yang tak terawatt seperti nyamuk. Jika nyamuk sudah mulai berkembang biak maka kemungkinan untuk timbulnya penyakit semakinbesar seperti malaria dan demam ber-darah. Oleh sebab itu selokan yang bersih dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.